Kegiatan


Lomba Video Pendek, Ikhtiar Menjaga Nasionalisme Di era Teknologi informasi

Samarinda,  - BNPT dan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Kaltim, kembali menggelar lomba video pendek keempat kalinya secara beruntun. Kegiatan ini dinilai tepat sebagai sebuah usaha menjaga nasionalisme pelajar SMA dan sederajat di tengah Era Teknologi Informasi
 
Kepala Subdirektorat Pemberdayaan Masyarakat BNPT, Andi Intang Dulung, mengatakan demikian saat memberikan sambutan di pembukaan kegiatan Pelibatan Pelajar SMA dan Sederajat dalam Pencegahan Terorisme di Samarinda, Kalimantan Timur, Rabu (7/8/2019). Kegiatan ini diisi dengan penjurian tingkat daerah lomba video pendek, serta nonton bareng dan diskusi film bertemakan perdamaian.
 
"Menjaga nasionalisme terus menyala pada anak-anak pelajar di tengah globalisasi saat ini memang bukan tugas sederhana, namun BNPT dan FKPT terus berupaya melakukannya," kata Andi Intang.
Kemajuan teknologi yang di antaranya ditandai dengan masifnya penggunaan gawai, lanjut Andi Intang, merupakan bentuk sederhana globalisasi yang mengancam nasionalisme generasi muda. Penggunaan gawai yang tidak terkontrol,  disebutnya akan menjadikan anak-anak menjadi lebih individual dan mengabaikan keragaman di sekitarnya.
 
"Akan tetapi dengan mengikuti lomba video pendek BNPT dan FKPT, anak-anak diarahkan memanfaatkan gawainya secara positif,  yaitu memproduksi film pendek dengan tema pentingnya merawat keragaman Indonesia," ujar Andi Intang menjelaskan tentang korelasi lomba dan nasionalisme.